BERANDA PARA PENGEMBARA KEHIDUPAN

Kehidupan adl proses pembelajaran tanpa henti,proses demi proses di lewati,kejadian demi kejadian di alami,rasa yg muncul pun silih berganti,semuanya mewarnai kanfas kehidupan ini,beragam warna yg ada menjadikan lukisan ini mjd indah dlm sebuah harmonisasi mahakarya sempurna,sebuah seni yg maha apik dirancang sang maha kreatif,mari kita memberi judul tiap gambar yg kita buat dg memberikan makna dan hikmah dari tiap kisahnya,agar pengembaraan kita memberi makna,mari melukis di kanfas kehidupan....

Rabu, 31 Maret 2010

"Seorang pemuda buta membuka mata hati sy''

E-mail Print PDF

[Ike Suharjo] TELEVISI ibarat kotak kecil, namun isinya luar biasa. Dari benda yang tak seberapa besar itu, semua informasi dan hiburan seakan dalam genggaman tangan saja, mudah disentuh, dan tak berjarak. Melalui televisi pula, anak-anak dan orang tua dapat mengembangkan diri karena dapat menyerap informasi dari sana, juga dapat menghibur diri berkat tayangan-tayangan hiburan yang disajikan. Meski ada pula tayangan yang "membahayakan" anak, namun harus diakui, perkembangan televisi memengaruhi pula kecerdasan dan sikap anak.

"Perkembangan televisi dewasa ini sangat pesat dan membanggakan, apalagi sudah banyak saluran televisi dari luar/cable tv, mulai dari saluran khusus news, film, sport, music, kartun, dan lain-lain. Porsi untuk anak-anak juga banyak. Jadi, orang tua harus pintar dan menemani anak menonton acara TV," ujar Ike Suharjo, presenter Kabar Malam (TV One).

Jurnalis lulusan Universitas Gadjah Mada yang tampil cantik ini juga memberikan pandangannya tentang kecantikan yang didambakan setiap perempuan. "Cantik tidak hanya secara fisik, namun segala hal yang menjadi kesatuan yang utuh dari pribadi seseorang, meliputi kecantikan fisik, tingkah laku dan perbuatan baik dan terpuji," ujar Ike yang memiliki minat pada politik dan pemerintahan dan resolusi konflik ini.

Berikut perbincangan ringan Herry Prasetyo dari buahaticerdas dengan perempuan yang suka membaca buku-buku autobiografi orang-orang sukses dan top ini.


Apa aktivitas utama Anda saat ini?
Aktivitas saya yang utama adalah sebagai ibu rumah tangga yang punya tugas dan tanggung jawab seperti perempuan pada umummya yang sudah menikah, yaitu berperan sebagai istri dan bagian dari keluarga besar. Aktivitas selanjutnya adalah sebagai presenter TV One yg mempunyai tugas menyampaikan informasi/berita baik dari studio, lapangan serta mengumpulkan dan mencari berita baik dari lokasi kejadian/TKP, narasumber atau saksi mata.

Faktor apa saja yang mendukung keberhasilan dalam pekerjaan?
Kesiapan fisik, mental dan kesehatan, dukungan orang-orang terdekat dan keluarga sebagai motivator, dukungan team work yang solid, mulai tim yang menyiapkan penampilan kita, naskah dan isi, tim pelaksana penyiaran, lalu kemampuan kita menguasai materi, memahami dan menggali info dalam setiap informasi. Selain itu, keinginan untuk terus belajar dan mengembangkan diri serta kemampuan.

Dunia televisi, presenter, jurnalis, pembaca berita, bisakah diperkenalkan sejak usia sekolah?
Keahlian apa pun tentu dapat dilatih dan dipelajari sejak dini oleh siapapun. Jadi, menurut saya, sah-sah saja bila diajarkan dan dilatih sejak dini atau usia sekolah. Namun perlu diingat juga selama ini banyak orang tua yang memaksakan anaknya ikut ini, ikut itu, kursus macem-macem yang mungkin menyita waktu, tenaga dan pikiran anak. Anak juga mempunyai hak untuk berkembang sesuai potensi dan umur serta keinginannya. Jadi, hal ini juga sebagai pertimbangan sehingga anak mempunyai waktu dan kesempatan bersosialisasi dengan teman-teman sebayanya.

Bagaimana suka duka jadi presenter sekaligus reporter?
Sukanya jadi presenter, akan menjadi kepuasan batin bila dapat menyajikan berita yang memuaskan pemirsa, menambah ilmu dan wawasan, menambah teman dan relasi. Dukanya, kadang-kadang pekerjaan nggak kenal waktu, menguras tenaga hingga sakit dan tentu juga waktu kumpul dengan keluarga kadang terbatas.

Bagaimana menyikapi grogi di depan kamera?
Kita harus siap dalam arti menguasai materi yang akan disampaikan, jadi senantiasa harus belajar. Bila rasa grogi muncul kita harus timbulkan dan tumbuhkan rasa bahwa kita orang yang paling tahu akan informasi yang kita sampaikan dan anggap kita sedang berada di depan cermin. Latihan bisa kan dilakukan di rumah karena setiap rumah pasti ada cermin.

Siapa narasumber yang membuat Anda terkesan selama ini?
Seorang pemuda buta yang namanya Rama. Ia memiliki segudang prestasi di berbagai bidang khususnya IT. Hal ini membuka hati saya akan kebesaran Allah. Sudah selayaknya kita mensyukuri segala nikmat yang diberikan Allah dengan melakukan segala kebaikan untuk kehidupan kita semua.

Bagaimana perkembangan dunia televisi saat ini?
Sangat pesat dan membanggakan, apalagi sudah banyak saluran televisi dari luar/cable tv, mulai dari saluran khusus news, film, sport, music, hingga kartun. Porsi untuk anak-anak juga banyak, jadi orang tua harus pintar dan menemani anak saat nonton TV. Sehingga terjadi komunikasi yang baik dan anak-anak tahu apa yang ditonton, mana yang boleh dilakukan, mana yang tidak.

Apa pendapat Anda tentang perempuan dinamis?
Perempuan dinamis adalah perempuan yang tahu, mengerti dan memahami posisinya dalam kehidupannya, beraktivitas sesuai keinginan dan kemampuannya, mengembangkan diri dan bakat sesuai potensi yang dimiliki, namun tetap dan tidak melepaskan kodrat perempuan sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari keluarga. Tetap menjalankan posisinya sebagai istri, sebagai ibu dan sebagai anak dari orang tuanya. Sebuah konsekuensi logis yang harus diperankan.

Orang yg berkarier seperti Anda tentu harus cerdas. Bagaimana perempuan yang cerdas menurut Anda?
Cerdas menurut saya adalah sanggup dan mampu menjalankan segala hal yang berkait peran perempuan sebagai pribadi yang berkepribadian, mampu menyikapi, memahami dan berperan dalam kehidupan sosial, bermasyarakat di mana pun berada, baik dalam keluarga, lingkungan maupun tempat kerja atau organisasinya. Mengembangkan diri sesuai potensi, waktu dan posisi/perannya.

Apa definisi kecantikan menurut Anda?
Cantik tidak hanya secara fisik, namun juga segala hal yang menjadi kesatuan utuh dari pribadi seseorang, meliputi kecantikan fisik, tingkah laku dan perbuatan baik serta terpuji, berpikir cerdas dan inovatif, tidak melepaskan kewajiban sebagai makhluk Allah untuk beribadah dan taat kepada-Nya. Dalam hal ini taat akan perintah dan larangan Allah. Maka dikenallah kecantikan lahiriah dan batiniah. Itu kecantikan menurut pendapat saya.

Bagaimana kiat menumbuhkan rasa percaya diri?
Kita harus selalu menguasai segala perkembangan dan informasi setiap saat, selalu belajar dan haus akan pengetahuan dan keterampilan apa pun. Kembangkan segala kemampuan kita khususnya yang tidak dimiliki orang lain. Selalu bersosialisasi dengan lingkungan dengan kewajaran dan sesuai peran serta potensi kita, selalu menumbuhkan perasaan bahwa hidup ini adalah indah dengan mensyukuri segala nikmat Allah.

Apa masukan Anda untuk dunia anak, pendidikan atau keluarga?
Gapai pendidikan setinggi-tingginya untuk anak-anak kita karena anak adalah aset dan potensi bagi keluarga, masyarakat dan bangsa kita. Jadi, berikan hak mereka untuk tumbuh dan berkembang sesuai potensi dan umurnya.*****

Tidak ada komentar:

Posting Komentar